Monday, February 17, 2020

Implementasi RTL dan Membuat Teks Arabic pada Flutter

Implementasi RTL dan Teks Arabic Flutter
Implementasi RTL dan Membuat Teks Arabic pada Flutter -  Sebagai programmer yang hidup, tinggal, dan mencari nafkah di Indonesia mungkin kita kurang familiar dengan istilah RTL atau kependekan dari Right To Left. RTL atau Right To Left (Kanan ke Kiri) adalah arah penulisan dari kanan ke kiri. Dimana, pada umumnya di Indonesia kita mengenal arah tulisan LTR (Left to Right) dan sangat terbiasa dengan arah penulisan LTR karena dari dulu kita menganut asas arah penulisan ini.

Hanya saja, dalam membuat aplikasi yang konteks nya lebih luas tentu saja kita harus memahami arah tulisan lain yang juga kita implementasikan pada aplikasi yang kita buat pada konteks-konteks tertentu. Misalnya adalah aplikasi yang melibatkan tulisan-tulisan Arab misalnya Kamus Bahasa Arab, kumpulan Hadits, kumpulan Doa-Doa, dan aplikasi sejenisnya.
Hasil Aplikasi RTL

Jika kita ingin membuat aplikasi-aplikasi yang melibatkan tulisan arabic tersebut, tentu saja kita harus tahu cara penggunaan RTL pada flutter. Karena, input yang kita sediakan untuk orang yang menganut asas LTR dan RTL tentu saja berbeda. Jika kita bisa mengisi input dengan arah Kiri ke Kanan, pengguna penganut asas RTL akan mengisi input dengan arah dari Kanan ke Kiri.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberi contoh pembuatan aplikasi yang melibatkan 2 arah penulisan teks dimana melibatkan 2 tipe abjad yang berbeda yaitu Idonesia dengan Arabic. Karena aplikasi yang kita buat melibatkan 2 tipe penulisan yaitu RTL dan TLR, tentu saja kita tidak bisa mendefinisikan RTL pada aplikasi secara global, dan harus kita implementasikan sesuai bagian-nya masing-masing.

Implementasi RTL pada Flutter?

Ada beberapa cara implementasi RTL pada flutter, pada contoh pembuatan aplikasi yang melibatkan RTL dan teks Arabic kali saya menggunakan widget Directionality yang mempunyai pengaturan textDirection dan akan mempengaruhi arah tulisan semua widget yang berada pada child nya.

Contoh penerapan widget Directionality pada sebuah kode sederhana adap sebagai berikut:

Column(
  children: [
    Directionality(
        textDirection: TextDirection.ltr,
        child: Text("Tulisan Indonesia")
    ),
    Directionality(
        textDirection: TextDirection.rtl,
        child: Text("النساۤء")
    ),
  ],
)
Properti / field yang paling penting dari widget Directionality  di atas adalah textDirection dimana hanya menerima 2 tipe TextDirection.ltr dan TextDirection.tlr. Agar sobat eduprog lebih memahami implementasi RTL pada flutter, berikut adalah contoh source code lengkap untuk menampilkan daftar Ayat dan pencarian Ayat dengan tulisan Indonesia dan Arab.

Source code lengkap dari projek di atas bisa diambil melalui link dibawah ini


Share This
Previous Post
Next Post

Halo, Saya A.M Hirin seorang Penulis Buku IT, International Freelance Programmer, dan Senior Developer di Perusahaan Konsultan IT. Saya penggila kode dan sudah berkutat selama 15 tahun di dunia pemrograman. Anda membutuhkan bantuan terkait skill dan keahlian saya? Kontak saya melalui email : nump.info@gmail.com

0 komentar: