Thursday, January 2, 2020

Tutorial Flutter : Menampilkan Konfirmasi ketika Tekan Tombol Back

Menampilkan Konfirmasi pada Tombol Back Flutter
Cara Menampilkan Konfirmasi ketika Tombol Back ditekan pada Flutter - Dalam membuat aplikasi mobile tentu saja kita ingin menghindari kesalahan atau aktifitas pengguna yang tidak disengaja, salah satunya adalah memberikan konfirmasi ketika pengguna menekan tombol back pada device. Karena jika tidak, biasanya halaman atau aplikasi dapat langsung keluar, padahal pengguna tidak sengaja menekan tombol tersebut.

Untuk itu, menampilkan dialog konfirmasi pada saat tombol back ditekan baik secara sengaja atau tidak sengaja tentu saja sangat penting. Pada Flutter, cara ini sangat mudah dilaukan karena pada Flutter terdapat widget dengan nama WillPopScope yang dapat kita fungsikan untuk mendeteksi aktifitas yang terkait tombol back pada device melalui paramater onWillPop.

Bagaimana cara nemampilkan dialog konfirmasi saat tombol back pada device ditekan? Mari simak contoh kode untuk menampilkan dialog konfirmasi saat tombol back pada device ditekan, seperti di bawah ini:

Source code lengkap dari projek di atas bisa diambil melalui link dibawah ini
 
Share This
Previous Post
Next Post

Halo, Saya A.M Hirin seorang Penulis Buku IT, International Freelance Programmer, dan Senior Developer di Perusahaan Konsultan IT. Saya penggila kode dan sudah berkutat selama 15 tahun di dunia pemrograman. Anda membutuhkan bantuan terkait skill dan keahlian saya? Kontak saya melalui email : nump.info@gmail.com

0 komentar: