Thursday, January 2, 2020

Tutorial Flutter : Membuat Single dan Multiple Selection dengan ChipChoice

Membuat Selection dengan ChipChoice
Membuat Single dan Multiple Selection dengan ChipChoice pada Flutter - Salam satu widget penting pada Flutter yang bisa kita gunakan unuk mengakomodir kebutuhan tampilan pemilihan tunggal ataupun pemilihan jamak adalah ChipChoice dengan menambahkan logic tertentu.

Pada dasarnya widget ChipChoice adalah widget tunggal yang memiliki parameter selected, dimana nilai dari parameter ini yang mengindikasikan state dari widget ini apakah dalam kondisi terpilih atau tidak. Selain parameter selected ChipChoise juga memilih event onSelected dimana event ini akan di-trigger ketika ChipChoice di tap.  Perlu sobat ketahui juga bahwa event onSelected pada ChipChoice akan mengirimkan parameter dengan tipe boolean yang mengindikasikan state yang seharusnya setelah ChipChoice  di tap.

Dengan berbekal informasi di atas, untuk membuat pemilihan tunggal ataupun pemilihan jamak dengan ChipChoice kita perlu sedikit memainkan logic untuk melakukan hal tersebut.

Agar sobat lebih memahami bagaimana cara membuat single selection (pemilihan tunggal) dan multiple selection (pemilihan jamak), simaklah kode yang sudah saya buat seperti dibawah ini:


Source code lengkap dari projek di atas bisa diambil melalui link dibawah ini
 

Share This
Previous Post
Next Post

Halo, Saya A.M Hirin seorang Penulis Buku IT, International Freelance Programmer, dan Senior Developer di Perusahaan Konsultan IT. Saya penggila kode dan sudah berkutat selama 15 tahun di dunia pemrograman. Anda membutuhkan bantuan terkait skill dan keahlian saya? Kontak saya melalui email : nump.info@gmail.com

0 komentar: