Thursday, January 2, 2020

Tutorial Flutter : Membuat Menu Navigation Drawer

Membuat Menu Navigation Drawer dengan Flutter
Cara Membuat Menu Navigation Drawer dengan Flutter  - Dalam membuat aplikasi mobile yang mana viewport atau tampilan layar serba terbatas, tentu saja membuat developer untuk memutar otak untuk menaruh menu utama pada aplikasi yang dikembangkan. Karena dengan keterbatasan ruang pada ukuran layar device mobile, kita harus tetap menjaga layout aplikasi mobile yang kita buat agar tidak mengurangi nila tampilan pengguna dan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi yang kita buat.

Untuk itu salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk menaruh informasi profile pengguna dan menu-menu utama aplikasi mobile yang kita buat dengan Flutter, kita bisa memanfaatkan widget drawer pada Scaffold. Dengan menambahkan widget ini, maka pada AppBar akan terdapat hamburger menu untuk menampilkan widget Drawer atau widget Drawer ini juga dimunculkan dengan melakukan slide dari sebelah kiri layar.

Bagaimana cara membuat menu navigation drawer pada Flutter? Mari simak contoh kode untuk menampilkan navigation drawer dan mengisinya dengan informasi akun serta beberapa menu tambahan lainya  pada widget Scaffold seperti dibawah ini:

Kode:

Source code lengkap dari projek di atas bisa diambil melalui link dibawah ini
 
Share This
Previous Post
Next Post

Halo, Saya A.M Hirin seorang Penulis Buku IT, International Freelance Programmer, dan Senior Developer di Perusahaan Konsultan IT. Saya penggila kode dan sudah berkutat selama 15 tahun di dunia pemrograman. Anda membutuhkan bantuan terkait skill dan keahlian saya? Kontak saya melalui email : nump.info@gmail.com

0 komentar: