Saturday, January 25, 2020

Membuat Aplikasi Validasi IMEI Black Market dengan Flutter

Membuat Validasi IMEI Black Market
Membuat Aplikasi Validasi IMEI (Kemenperin) dengan Flutter - Indonesia sebagai salah satu pasar HP (Smartphone) terbesar di dunia sangat rentan terhadap aktifitas penjualan gelap atau sering disebut dengan black market. Hal ini tentu saja sangat merugikan pemerintah, karena dengan adanya black market atau pasar gelap akan mengurangi pendapatan resmi pemerintah dari sektor pajak cukai dari barang elektronik tersebut.

Untuk itu pemerintah melalui kementrian perindustrian, telah mencanangkan peraturan baru yang berlaku mulai 17 Agustus 2019 dengan validasi IMEI, agar nantinya digunakan oleh para semua operator yang beroperasi resmi di Indonesia. Maka, jika IMEI pada HP (smartphone) anda tidak terdaftar pada kemenperin, maka dapat dipastikan smartphone tidak bisa digunakan dengan simcard dengan operator apapun di Indonesia (nantinya, sesuai undang-undang yang berlaku).

Pemerintah melalui kemenperin sendiri, sudah menyediakan fasilitas bagi pengguna smartphone di Indonesia untuk memastikan apakah HP (smartphone) yang telah dibeli atau akan dibeli merupakan barang BM (black market) atau resmi. Yaitu dengan mengunjungi website cek imei, namun untuk melihat imei suatu smartphone bukanlah hal yang mudah bagi orang awam, belum lagi harus menuliskan imei HP yang berjumlah 15 digit ke website tersebut.

Sehingga dengan demikian, muncul ide saya untuk mempermudah pengecekan imei melalui website kemenperin yang dibungkus dengan aplikasi mobile yang saya buat dengan Flutter (tersedia source code, sehingga sobat juga bisa mengetahui cara pembuatanya).

Konsep Pembuatan Aplikasi Validasi Imei

  1. Memanfaatkan, website cek imei kemenperin sebagai database utama IMEI pemerintah.
  2. Mengalanisa cara kerja website kemenperin untuk validasi IMEI.
  3. Membaca IMEI dari HP dengan framework Flutter menggunakan package imei_plugin
  4. Menggunakan plugin flutter_webview_plugin untuk membuka website kemenperin dari aplikasi.
  5. Jika IMEI berhasil didapat, lalu membuka website cek imei kemenperin.
  6. Menggunakan fungsi evalJavascript untuk mengeksekusi javascript ke webview.
  7. Karena website kemenperin menggunakan jQuery, script untuk mengisi nomor imei adalah $('input[name="imei"]').val('variabelimei')
  8. Lalu menggunakan script $('.btn').click() untuk melihat hasil dari imei tersebut.
  9. Selesai
Berikut adalah hasil dan cara kerja aplikasi untuk validasi IMEI via kemenperin dengan Flutter yang saya buat.
Hasil aplikasi

Source code lengkap dari projek di atas bisa diambil melalui link dibawah ini
 
Share This
Previous Post
Next Post

Halo, Saya A.M Hirin seorang Penulis Buku IT, International Freelance Programmer, dan Senior Developer di Perusahaan Konsultan IT. Saya penggila kode dan sudah berkutat selama 15 tahun di dunia pemrograman. Anda membutuhkan bantuan terkait skill dan keahlian saya? Kontak saya melalui email : nump.info@gmail.com

0 komentar: