Sunday, November 3, 2019

Tips Membuat Distribusi APK Jauh Lebih Kecil dengan Flutter

Membuat APK lebih kecil pada Flutter
Membuat hasil APK yang Lebih Kecil dengan Flutter - Kebanyakan framework reactive seperti React Native ataupun Flutter menghasilkan ukuran kompilasi APK yang sangat besar. Itu dikarenakan aplikasi yang dibuat dari framework tersebut harus menyertakan library utama (core library) yang berukuran cukup besar. Padahal dalam membuat aplikasi biasanya kita menginginkan hasil kompilasi APK yang lebih ramping yang tentu saja lebih menarik pengguna untuk mendownload aplikasi yang kita buat.

Jika ukuran kompilasi APK yang kita buat cukup besar, hal tersebut tentu saja akan menjadi masalah bagi kita dalam hal branding ke pengguna. Lalu, bagai mana cara mengatasi hal tersebut pada Flutter?

Google sebagai perusahaan raksasa di balik layar Flutter, tentu saja telah memikirkan hal tersebut. Dengan demikian kita sebagai pengguna framework Flutter tidak perlu khawatir dengan hasil kompilasi APK yang dihasilkan oleh Flutter. Karena ada opsi kusus untuk membuat ukuran aplikasi yang kita distribusikan nanti lewat Play Store menjadi ukuran yang lebih kecil dan efisien.

Secara umum sintaks untuk melakukan kompilasi APK pada flutter adalah sebagai berikut:

flutter build apk

Lalu jika kompilasi berhasil, maka sintaks tersebut akan menghasilkan 1 versi release APK, hanya saja versi APK yang dihasilkan adalah untuk 2 tipe ABI (Application Binary Interface) yang dijadikan satu kesatuan APK sehingga ukuran secara default lebih besar atau setara dengan 2x lipat tukuran aslinya. Hal ini tentu saja tidak salah, karena aplikasi yang kita distribusikan harus kompatibel dengan semua device Android (mobile).

Untuk membuat distribusi APK jauh lebih kecil di playstrore, kita bisa menggunakan cara distribusi APK yang direkomendasikan oleh Google yaitu dengan APK Bundle. Caranya tidak sulit, cukup ikuti langkah langkah berikut ini :

flutter build appbundle

Sintaks di atas akan menghasilkan 1 APK bundle dengan ektensi .aab yang siap diupload ke playstore, secara umum ukuranya .aab akan sama dengan ukuran apk yang kita kompilasi dengan sintaks flutter build apk karena memang didalam APK bundle terdapat 2 ABI yang nantinya akan diupload ke google playstore. Hanya saja, jika kita menggunakan cara tersebut maka ketika pengguna akan mendownload aplikasi kita melalui playstore, pengguna akan diarahkan pada 1 ABI yang sesuai dengan tipe devicenya. Sehingga ukuran yang didownload jauh lebih kecil.


Share This
Previous Post
Next Post

Halo, Saya A.M Hirin seorang Penulis Buku IT, International Freelance Programmer, dan Senior Developer di Perusahaan Konsultan IT. Saya penggila kode dan sudah berkutat selama 15 tahun di dunia pemrograman. Anda membutuhkan bantuan terkait skill dan keahlian saya? Kontak saya melalui email : nump.info@gmail.com

0 komentar: