Tuesday, October 8, 2019

Menggunakan Webview Pada Flutter

Menggunakan Webview Pada Flutter
Cara Menggunakan Webview Pada Flutter (Dilengkapi Full Source Code) - Secara umum kita menggunakan Flutter untuk membuat aplikasi mobile yang native. Walaupun Flutter secara umum memiliki fungsi untuk mebangun aplikasi mobile native, Flutter juga mendukung widget Webview untuk memuat konten website / mobile yang kita buat menjadi seolah-olah aplikasi mobile.

Webview ini sangat cocok bagi anda yang tidak ingin membuat ulang aplikasi yang telah anda buat dari basis mobile web tanpa harus mengkonversi kedalam widget-widget Flutter yang native. Cara menggunakan Webview pada Flutter sendiri sangatlah sederhana, dan mendukung berbagai properti serta event yang sangar diperlukan dalam pengepakan suatu web berbasis mobile kedalam aplikasi Android / IOS.

Cara yang paling mudah untuk menambahkan Webview pada Flutter adalah dengan menambahkan plugin flutter_webview_plugin yang bisa anda tambahkan melalui file pubspec.yaml, untuk lebih detailnya ikuti langkah-langkah berikut ini :
1) Buatkah projek Flutter baru
2) Tambahkan plugin flutter_webview_plugin pada file pubspec.yaml
flutter_webview_plugin: ^0.3.8 
3) Buatlah kode pada file main.dart seperti dibawah ini


Jalankan aplikasi pada virtual atau real device, maka akan muncul tampilan sebagai berikut
Webview Flutter
Untuk source code lengkap projek diatas (Menggunakan Webview Pada Flutter) bisa diambil melalui link dibawah ini

Share This
Previous Post
Next Post

Halo, Saya A.M Hirin seorang Penulis Buku IT, International Freelance Programmer, dan Senior Developer di Perusahaan Konsultan IT. Saya penggila kode dan sudah berkutat selama 15 tahun di dunia pemrograman. Anda membutuhkan bantuan terkait skill dan keahlian saya? Kontak saya melalui email : nump.info@gmail.com

0 komentar: